Jumat, 25 Oktober 2013

World Wide Web

World Wide Web

WORLD WIDE WEB

Pendahuluan

World Wide Web (WWW), lebih dikenal dengan web, merupakan salah satu layanan yang di dapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet.

Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hypertext, pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang di tampilkan dalam browser web.

Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada layanan-layanan yang ada di internet, dari awalnya sebai penyedia informasi, kini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis (comerce).

Kini, web seakan lebih populer dari pada email, walaupun secara statistik email masih merupakan aplikasi terbanyak yang digunakan oleh pengguna internet. Web lebih populer bagi khalayak umum dan pemula, terutama untuk tujuan pencarian informasi dan melakukan komunikasi email yang menggunakan web interfacenya.

Internet identik dengan web, karena popilaritasnya sebagai penyedia informasi dan interface yang dibutuhkan oleh pengguna internet dari masalah informasi sampai dengan komunikasi. Informasi produk dari yang serius sampai dengan yang sampah, dari yang cuma-cuma sampai yang dengan komersial semuanya ada.

Web memudahkan pengguna komputer untuk berinteraksi dengan pelaku internet lainnya dan menelusuri (informasi) di internet.

Selain itu web telah di adopsi oleh perusahaan sebagai sebagian dari strategi teknologi informasinya, kareba beberapa alasan,
1. Akses informasi mudah
2. Setup server lebih mudah
3. Informasi mudah didistribusikan, dan
4. Bebas flatform; informasi dapat disajikan oleh browser web pada sistem operasi mana saja karenya adanya standar dokumen berbagai tipe data dapat disajikan.

Sekilas Lahirnya Web

Pada tahun 1933, Tim Benners-Lee dan peneliti lain di European Particle Physics Lab (Consei Europeen Pour La Recherche Nuclaire, atau CERN) di Geneva, Swis, mengembangkan suatu cara untuk men-share data antar koleganya menggunakan sesuatu yang di sebut denga Hypertext. Pemakai di CERN sapat menampilkan dokumen pada layar komputer dengan menggunakan software browser baru.

Kode-kode khusus disisipkan ke dalam dokumen elektronik ini, memungkinkan pemakai untuk meloncat dari satu dokumen ke dokumen lainnya pada layar, dengan hanya memilih sebuah hyperlink.

Kemampuan internet dimasukan kedalam browser ini sehingga loncatan dari satu dokumen ke dokumen lain, tidak lagi dari satu komputer saja, tetapi dapat meloncat ke dokumen lain yang letaknya pada komputer remote.

Seorang peneliti dapat juga mengirimkan sebuah file dari komputer remote ke sistem lokalnya, atau log in kedalam suatu sistem remote hanya deengan mengklik hyperlink, tidak perlu melalui mekanisme FTP atau Telnet. Jalan pintas CERN digunakan sebagai dasar dari yang sekarang disebut dengan World Wide Web dan berikut server dan browser webnya (sekarang dimaintenance oleh World Wide Web Consortium).

Word Wide Web Consortium-W3C

W3C mengembangkan teknologi (spesifikasi, petunjuk -- guide line, software, dan tool) yang dapat dioperasikan pada platform manapun, membawa web mencapai potensi yang utuh sebagai suatu forum informasi, comerce, komunikasi, dan perjanjian bersama (collective understanding).

W3C dibentuk pada Oktober 1994, dengan jumlah anggota lebih dari 400 organisasi anggota dari seluruh dunia, dan telah menghasilkan pengakuan international untuk kontribusinya pada perkembangan web.

W3C kini merupakan badan resmi yang membuat standar web. W3C meletakkan gabungan spesifikasi dalam standar web, berikut adalah hasil dari W3C :
1.Standar web yang paling mendasar adalah HTML, CSS, dan XML.
2.Standar HTML yang terakhir adalah XHTML 1.0.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download

Mohon maaf untuk link download belum tersedia. Terimakasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Posting Komentar