Jumat, 25 Oktober 2013

Pengenalan Html

HTML

Pengenalan HTML

Apa itu Dokumen HTML ?

HTML kependekan dari Hyper Text Marqup Laguage. Dokumen HTML adalah file text murni yang dapat dibuat dengan editor text sembarang. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web surfer. Dokumen ini umumnya berisi informasi atau pun interface aplikasi di dalam internet.

Ada dua cara untuk membuat sebuah web page :dengan HTML editor atau dengan editor text biasa (misalnya notepad). Untuk latihan atau mencoba sebaiknya menggunakan notepad, setelah itu barulah menggunakan editor HTML, hal ini dimaksudkan agar bisa memahami dan terbiasa secara primitip membuat dokumen web.

Penamaan Dokumen

Pilih suatu nama sembarang nama, kemudian tambahkan sebuah ektensi ".htm" atau ".html" (tanda kutip tidak perlu dituliskan karena digunakan sebagai penjelas saja).

Catatan :
Ektensi dokumen HTML yang menggunakan 3 karakter, awalnya adalah untuk mengakomodasi sistem penamaan yang ada di dalam sistem DOS. Nama dokumen pada beberapa sistem operasi bersifat case sensitive. Nama dokumen yang sama tetapi dituliskan dengan case yang berbeda akanj di anggap sebagai dokumen yang berbeda, misalnya dokumen.html akan berbeda dengan DOKUMEN.html. Kasus case sensitive akan dijumpai pada dokumen web yang dihosting di dalam server yang berbasis *nik (keluarga sistem operasi Unix).

Definisi Elemen

Dokumen HTML disusun oleh elemen-elemen. "Elemen Merupakan istilah bagi komponen-komponen dasar pembentuk dokumen HTML. Beberapa contoh elemen adalah : head, body, table, paragraf, dan list. Elemen dapat berupa teks murni, atau bukan teks, atau bukan keduanya.

Definisi Tag

Untuk Menandai berbagai elemen dalam suatu dokumen HTML, kita menggunakan tag. Tag html terdiri atas sebuah kurung sudut kiri (<, tanda lebih kecil), sebuah nama tag, dan sebuah kurung sudut kanan (>, tanda lebih besar). Tag umumnya berpasangan (misalnya <h1> dengan </h1>, tag yang menjadi pasangan selalu di awalai dengan karakter garing (/, garis miring). Tag yang pertama menunjukan tag awal yang berarti awal elemen, dan yang kedua menunjukan tag akhir, berarti akhir elemen.

Untuk lebih jelasnya silahkan Download

Mohon maaf untuk saat ini link belum tersedia

0 komentar:

Posting Komentar