Senin, 28 Oktober 2013

link Html



Link HTML


Link HTML

Kelebihan utama dokumen HTML adalah kemampuannya untuk memberikan link dari satu teks dan atau gambar menuju ke dokumen atau bagian lain dalam suatu dokumen. Browser web akan menyorot ('highlight') teks atau gambar yang di identifikasi sebagai link dengan warna dan atau garis bawah untuk menunjukan bahwa itu adalah hyperteks link (sering diperpendek dengan hyperlink atau link saja).

Dokumen HTML menggunakan hyperlink (achor) untuk menghubungkan kepada dokumen lain dalam web.

Tag Achor

HTML menggunakan tag <a> untuk membuat suatu link kepada dokumen lain dalam web. Sintaks dari penghubungab dalam HTML adalah dengan menggunakan tag <a>, artinya href digunakan mendefinidikan lokasi link.

Achor berikut menunjuk Microsoft :

<a herf="http://www.microsoft.com">This text is displayed</a>.

Ada tiga jenis link :

1. Link Relatif.

2. link absolut.

3. Link dalam dokumen yang sama.

perbedaan keduanya hanya letak dokumen yang menjadi linknya, berbeda pada komputer yang sama atau tidak.

Link Relatif

Dibuat apabila anda membuat suatu link pada page anda ke page lain pada komputer yang sama, tidak memerlukan menggunakan alamat internet yang lengkap. Jika dua page pada direktori yang sama, anda dapat menuliskan nama file html seperti berikut :

<a herf="file_2.html">Berikutnya</a>

Link Absolut

Dibuat apabila anda membuat link ke page yang lain yang berda pada website lain di internet. dalam hal ini anda harus menuliskan alamat internet secara lengkap. berikut adalah contohnya :

<a herf="http://kakilima.piksi.itb.ac.id/>Pusat engine Internet Lokal</a>

Link ke Bagian lain dalam dokumen

Link jenis ini dibuat untuk dokumen yang panjang sekali, sehingga apabila ditampilkan dalam browser web akan mengharuskan kita melakukan scrholl layar berulang-ulang. Navigasi untuk penelusuran dokumen dapat dimudahkan dengan membuat link antar bagian, dengan menandai setiap bagian tersebut dengan memberinya nama. Sehingga pada beberapa tempat di dalam dokumen akan ada bagian yang bernama, dan di bagian lainnya dapat diletakkan link untuk menuju bagian-bagian tersebut.

Untuk selengkapnya silahkan download link di bawah.

Klik Di Sini



0 komentar:

Posting Komentar